Featured Posts

Senin, 14 Desember 2015

Peringatan Kelahiran Nabi MUHAMMAD SAW

Peringatan Kelahiran Nabi MUHAMMAD SAW

 Seperti di tahun-tahun sebelumnya peringatan kelahiran nabi Muhammad SAW sangat dinantikan khususnya untuk seluruh umat Islam di dunia ini, sangat gencar di meriahkan dengan banyak-banyak bershalawat kepada Beliau. Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir sebagai nabi penyempurna, pembawa rahmat seluruh alam semesta, dan membawa agama kedamaian yaitu agama Islam serta kitab Al-Qur'an yang merupakan kitab yang paling empurna daripada kitab-kitab sebelumnya. 
  Sang Nabi lahir pada tanggal 12 Rabi'ul awal tahun Gajah bertepatan dengan 20 April 571 M. Dinamakan tahun Gajah karena pada waktu itu bala tentara Abrahah dari Yaman menyerang Ka’bah dengan maksud akan meruntuhkannya. Mereka datang dengan mengendarai Gajah. Namun penyerangan itu gagal total karena Allah mengirim burung Ababil yang menjatuhkan batu-batu dari neraka kepada mereka. Seperti yg diceritakan Allah swt pada surat Al Fiil. 

Hasil gambar untuk ilustrasi pasukan gajah
para penghancur ka'bah

  Menurut pendapat yang masyhur, Nabi Muhammad saw lahir 50 hari setelah peristiwa itu, demikian Ibnu Ishak. Ada pula pendapat yang menyatakan 30 hari, 40 hari dan 55 hari. Tanggalnya pun terjadi perbedaan pada ahli sejarah. Ada yang mengatakan 2, 8, 9, 13,17 dan 18 Rabi’ul Awal. Namun penduduk Makkah sependapat tanggal 12 Rabi’ul Awal, karena mereka dahulu kala mengadakan ziarah ke tempat itu pada tiap tanggal tersebut. Adapun saat kelahiran Beliau itu menurut yang masyhur menjelang terbit fajar, pada waktu saat doa dimakbulkan Allah.

  Di Indonesia sendiri sangat banyak cara masyarakat memperingati hari kelahiran Nabi sebagai contoh di Yogyakarta ada sekaten

Hasil gambar untuk sekaten jogja
Sekaten Di DIY


Sekaten merupakan sebuah sebutan yang digunakan untuk mempermudah mengucapkan karena pada zaman dahulu masyarakat jawa khususnya JOGJA akan lebih mudah mengingat kata sekaten daripada kata yang berasal dari bahasa arab syahadattain. Puncak sekaten akan di adakan pada bulan Rabi'ul Awal yang bertepatan dengan hari kelahiran nabi Muhammad SAW.
Tidak hanya di Jogja di beberapa wilayah di Indonesia sangat banyak mengenai cara masyarakat memperingati hari kelahiran nabi, dengan diadakanya pengajian, ataupun lomba kegiatan agama.
Referensi
http://majelisribaathulmuhibbiin.blogspot.co.id/2013/01/sejarah-singkat-kelahiran-nabi-muhammad.html
https://www.google.com/search?q=sekaten+jogja&biw=1366&bih=657&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwi-8MDV49vJAhUXc44KHQ9WCqkQ_AUIBigB

ADVERTISEMENT
maddin nur

About maddin nur

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :